Saturday, October 22, 2016

Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang

air panas ciater

Pemandian Air panas Ciater merupakan salah satu tempat tujuan wisata andalan Kabupaten Subang, Jawa Barat. meskipun secara administratif masuk wilayah kabupaten Subang,akan tetapi karena lokasinya hanya 15 menit dari tempat wisata di lembang,maka kebanyakan orang beranggapan bahwa Ciater itu termasuk tempat wisata lembang.


Dalam satu bulan, tempat pemandian air panas alami Ciater mampu menyedot pengunjung rata-rata sebanyak 60.000 orang. Mereka tidak hanya wisatawan dari lingkup lokal Jawa Barat dan sekitarnya saja, melainkan juga datang dari kota-kota besar di Indonesia.


Ciater terletak tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu. Air panas yang dihasilkan pun bersumber dari kawah aktif gunung yang menjadi legenda tanah Pasundan itu. Selain dialirkan ke pemandian Ciater, air yang mengaliri sungai sepanjang 2000 meter itu juga digunakan untuk kepentingan pengairan lahan persawahan.

Baca juga nih : Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu

Pemandian air panas Ciater memiliki 2 pilihan sensasi dalam menikmati air panasnya.


Yaitu pemandian air panas alami langsung berupa tempat berendam air panas di sungai yang mengalir dari hulu ke hilir,dan satu lagi berupa kolam umum.Pemandangan alam di sekitar kolam pun tidak kalah menakjubkan. Anda dapat menikmati keindahan air terjun yang berselimut kepulan uap air hangat di kompleks pemandian air panas Ciater ini. Berendam di Ciater akan membuat aliran darah terasa lancar sehingga badan akan terasa bugar.


Tersedia juga tempat menyewa kamar pemandian air panas,sehingga bagi anda yang memerlukan privasi dalam menikmati sensasi air panas ciater ini bisa menggunakan kamar-kamar yang telah disediakan pengelola wisata pemandian air panas.


Tidak hanya pesona wisata alami dan terapi kesehatan yang Anda dapatkan di tempat tujuan wisata Ciater. Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa Anda sekeluarga lakukan di tempat ini, seperti bersepeda, berenang, memancing, berperahu dan mendayung, arung jeram, berkuda, tenis lapangan, basket, voli, mini golf, gokart, berkemah, outbond, wahana permainan anak-anak, jalan-jalan di perkebunan teh, hingga mengunjungi kerajinan keramik.


air panas ciater


Untuk Biaya masuk pemandian air panas Ciater adalah sebesar Rp15.000/orang Harga tersebut belum termasuk biaya untuk bisa menikmati air panas di kolam pemandian yang dikenai banderol bervariasi, dari Rp20.000,- hingga Rp55.000,- tergantung fasilitas yang disediakan. Harga mungkin sudah berubah untuk saat ini, karna saya mengambil data harga ketika saya kesana sekitar tahun 201.


Fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk mendukung obyek wisata pemandian air panas Ciater sangat beraneka macam yang selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dari fasilitas umum, pelayanan istimewa, penginapan, hingga kuliner khas sebagai oleh-oleh disediakan di tempat tujuan wisata alami dan kesehatan ini. Fasilitas umum seperti lahan parkir, masjid, toilet, serta sarana berbelanja, sudah pasti disediakan di lokasi wisata ini.

Selain itu, obyek wisata pemandian air panas Ciater juga menawarkan beragam fasilitas spesial, di antaranya fasilitas untuk olahraga dan permainan, kolam pemancingan, wahana anak-anak, area outbond, lahan perkemahan, dan masih banyak fasilitas penunjang yang lain

 Bahkanada bisa menyelenggarakan acara di lokasi ini karena tersedia juga fasilitas tempat konferensi dengan ruang makan yang cukup luas, tentu saja dengan perhitungan biaya yang sudah ditetapkan oleh para pengelola wisata yang tersebar di sejumlah tempat di Ciater ini. Bagi Anda yang ingin menginap dan menghabiskan malam di lokasi wisata ini, disediakan juga beragam fasilitas penginapan serta bungalo dengan berbagai tipe. Ada juga sejumlah area yang menyediakan fasilitas internet hotspot.

air panas ciater

Untuk mencapai pemandian air panas Ciater sangatlah mudah karena tempat tujuan wisata ini berada di lokasi yang cukup strategis, yakni tidak jauh dari jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Subang dan Kota Bandung dengan Lembang yang berada di antaranya. Rute menuju Ciater dapat dilakukan dari semua arah.


 Dari Bandung, Ciater dapat dicapai hanya dalam waktu 30 menit dengan jarak 32 kilometer. Dari Lembang berjarak 15 kilometer, dari Kawah berjarak 7 kilometer, sedangkan jika berangkat dari Subang akan memakan jarak tempuh sekitar 30 kilometer. Apabila Anda berangkat dari ibukota Jakarta, terdapat dua pilihan rute ke pemandian air panas Ciater. Pertama, melalui rute arah Puncak yang berjarak tempuh sepanjang 212 kilometer, dan rute kedua adalah dari Jakarta melewati Tol Cikampek—Bekasi dengan jarak tempuh 185 kilometer.

Perjalanan menuju pemandian air panas Ciater melalui jalan darat dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika Anda memakai jasa angkutan umum dari arah Bandung, sebaiknya Anda berangkat dari Terminal Ledeng dengan menumpang angkutan umum jurusan Ledeng—Lembang. Setelah tiba di Terminal Lembang, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan mengunakan angkutan umum jurusan Lembang—Subang. Setelah kira-kira menempuh 30 menit perjalanan dari Terminal Lembang, turunlah di Jalan Cagak, Desa Ciater. Di situlah lokasi wisata pemandian air panas Ciater berada.

Itulah wisata Pemandian Air panas Ciater apakah anda berminat untuk mengunjunginya..? semoga bermanfaat dan Terimakasih


EmoticonEmoticon